Kamis, 03 Mei 2018

PERMESINAN KAPAL NIAGA


A.       KOMPETENSI INTI GURU
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran permesinan kapal.
B.        KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN Mengelola permesinan kapal Niaga
C.        INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.    Menerapkan dasar-dasar permesinan kapal dalam mengemudikan kapal.
2.    Menggunakan dasar-dasar permesinan kapal untuk perhitungan bahan bakar yang digunakan dalam pelayaran.
D.       MATERI
1.    Jenis-Jenis Mesin Penggerak Utama
a.  Motor diesel yaitu mesin deiesel jenis khusus dari mesin pembakaran – dalam 
Sesuai dengan namanya ,mesin pembakaran dalam adalah mesin panas yang didalamnya,energy kimia dari pembakaran dilepaskan dalam silinder mesin.  Karakteristik utama dari motor diesel hanya dibedakan dari motor bakar lainya adalah metode penyelaan bahan bakar. Dalam motor diesel bahan bakar diinjeksikan kedalam silinder yang berisi udara bertekanan tinggi.Selama komprensi udara dalam mesin,maka suhu udara meningkat,bahan bakar dalam bentuk kabut halus,bersinggungaan dengan udara panas akan terjdi penyalaan,dalam penyalaan ini tidak membutuhkan penyalaan dari luar,dengan alas an ini maka motor diesel juga disebut Mesin Penyalaan Komprensi. Karakteristik lainya adalah mesin diesel yang dapat menghasilkan puntiran yang tergantung pada kecepatan .
a.      Mesin uap yaitu dimana energi yang ditimbulkan selama pembakaran bahan bakar diteruskan lebih dahulu ke uap dan hanya melalui uap lah kerja dilakukan dalam mesin atau turbin. 
b.      Turbin gas itu adalah sebuah mesin berputar yang mengambil energi dari arus gas pembakaran. Dia memiliki kompresor naik ke-atas yang dipasangkan dengan turbin turun ke-bawah, dan sebuah bilik pembakaran di-tengahnya.
Energi ditambahkan di arus gas yang di pembakar, di mana udara dicampur dengan bahan bakar dan dinyalakan. Pembakaran meningkatkan suhu, kecepatan dan volume dari aliran gas. Kemudian diarahkan melalui sebuah penyebar (nozzle) melalui baling-baling turbin, memutar turbin dan mentenagai kompresor. Energi diambil dari bentuk tenaga shaft, udara terkompresi dan dorongan, dalam segala kombinasi, dan digunakan untuk mentenagai pesawat terbang, kereta, kapal, generator, dan bahkan tank.
2.    Perhitungan Bahan Bakar untuk pelayaran
Sebagai seorang nakhoda di kapal, haruslah mengerti bagaimana memanfaatkan bahan baka yang tersedia, sehubungan dengan jarak tempuh. Hal ini sangat berhubungan dengan kecepatan ekonomis.
Kecepatan ekonomis adalah kecepatan sedemikian rupa sehingga hanya menggunakan bahan bakar sesedikit mungkin yang dapat menghasilkan tenaga pendorong dan kemampuan mesin yang besar.
Dalam pemakaian bahan bakar yang ekonomis dapat dirumuskan sebagai berikut:
BB1 : BB2 = V12 : V22 Keterangan:
BB1 = Bahan bakar yang diperlukan dengan kecepatan maximum
BB2 = Bahan bakar yang tersedia dan dapat digunakan di kapal
V1 = Kecepatan maximum
V2 = Kecepatan yang dikehendaki

E.         LATIHAN SOAL
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.       Sebuah kapal berlayar dengan kecepatan max 12 knots.  Bahan bakar yang tersedia adalah 60 Ton. Lama pelayaran 4 ton/ hari, jarak yang di tempuh 100 mil. Nakoda menghendaki bahwa  setelah sampai di pelabuhan , bahan bakar yang tersisa adalah 5 ton. Berapakah kecepatan yang harus dijalankan oleh kapal tersebut.
2.       Jelaskan prinsip kerja motor diesel!
3.       Sebutkan keuntungan dan kerugian dari mesin turbin.


Referensi:
Setiono Bambang,dkk.2008. Nautika Kapal Penangkap Ikan. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah kejuruan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar